Nissan Kicks vs Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR HV. SUV yang baru saja dirilis oleh produsen otomotif Tanah Air, di antaranya ada Nissan Kicks e-Power yang resmi diluncurkan 2 September 2020 dengan harga Rp 457 juta (on the road bandung 2021), Corolla Cross Hybrid yang lebih dulu dipasarkan pada Agustus lalu dengan harga Rp 515 juta (on the road bandung 2021), dan Toyota C-HR Hybrid dengan harga 565 juta (on the road bandung 2021).

Model SUV Jepang ini sama-sama dibekali dengan sistem Elektrifikasi. Corolla Cross mengusung model hybrid, sedangkan Nissan Kicks merupakan mobil listrik tanpa re-charging atau charger eksternal. Lantas seperti apa keunggulan SUV tersebut?

Dimensi

Di atas kertas, keduanya memiiki konfigurasi 5 penumpang, namun kabin dan bagasi lebih luas Corolla Cross ketimbang Nissan Kicks. Nissan Kicks e-Power memiliki panjang 4.305 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sebagai SUV Kompak, mobil ini memiliki jarak roda depan belakang 2.620 mm dan ground clearance 175 mm.

nissan kicks vs corolla cross

Sedangkan Corolla Cross lebih bongsor, memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 2.630 mm.

Mesin

Nissan Kicks dibekali mesin bensin 3 silinder berkapitas 1.198cc dengan tipe HR12 sebagai mesin pengumpan daya ke baterai, bukan sebagai penggerak. Untuk sumber penggerak tetap menggunakan motor listrik yang ditanam pada roda depan yaitu menggunakan EM57.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo itu mampu menghasilkan 127.3 tk di 4.000-8.992 rpm dan torsi puncaknya mencapai 260 Nm di 500-3.008 rpm. Corolla Cross Hybrid memiliki mesin 1.789cc, tenaga yang dihasilkan hanya 96.6 tk dan torsi puncaknya 142.1 Nm. Kemudian motor listriknya berdaya 71 tk dengan torsi puncak 162.7 Nm, yang artinya jika digabungkan tenaganya mencapai 167.7 tk.

fitur nissan kicks dan corolla cross

Bicara soal fitur, Nissan Kicks e-Power sedikit Lebih Unggul karena memiliki Banyak Fitur Pintar yang mungkin belum pernah didengar dan sangat baru untuk pasaran Tanah Air. Nissan Kicks e-Power menyematkan Nissan Safety Shield System untuk memastikan tingkat tertinggi dari keamanan dan kenyamanan ketika berkendara. Sistem pintar ini mengontrol beberapa fitur seperti Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking System dan Intelligent Cruise Control.

Selain tiga fitur tersebut, Nissan Kicks juga dilengkapi dengan beberapa fitur safety modern seperti Rear Cross Traffic Alert, Hill Start Assist, Around View Monitor, Drivers Attention Alert, Vehicle Dynamic Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA).

Meski tidak menambahkan advance safety feature seperti fitur intelligent di seperti Nissan Kicks e-Power, bukan berarti mobil ini tidak dibekali dengan fitur keamanan yang memadai.

Corolla Cros dibekali dengan fitur 7 Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Emergency Brake Signal, Sensor parkir, Kamera parkir, Advanced Drive Mode dengan 3 modus berkendara ECO, Sport, dan EV, Anti theft system.

Urusan rancangan, dua kontestan SUV/crossover hybrid tawarkan gaya tangguh. Toyota memainkan nuansa SUV kental dengan komposisi empat pilar. Bak baby RAV4 dengan ukuran lebih kecil dan sudut lembut. Eksekusi cenderung mengarah ke spektrum elegan dan dewasa ketimbang tangguh apalagi kasar. Grille besar dan ornamen bingkai satin silver menguatkan kesan premium. Meski begitu, rasa kokoh sebuah SUV tidak turut lengser berkat pemakaian cladding hitam.

Begitu pula di sisi fitur, menguatkan kesan mewah. Penerangan utama bersumber dari proyeksi sinar LED dan dioda juga mejeng di sisi bawah sebagai foglamp. Sunroof menguatkan atmosfer. Tapi tak hanya itu, ketika dioperasikan pun dijamin berasa kelas atas. Contoh Automatic Power Back Door, selain bergerak secara elektris, Toyota sematkan fitur kick sensor.

Safety

 

Nissan kicks safety

Nissan sangat royal mengemas urusan keselamatan Kicks. Komplet dan berlebih untuk sebuah crossover. Standarnya menggendong peranti pengereman dan alat stabilitas komprehensif. Sebut saja ABS+EBD+BA, airbag enam titik, Vehicle Dynamic Control, dan Intelligent Trace Control. Belum selesai, itu masih sebagian kecil dari sokongan perlindungan.

Pasalnya, pos jaga berkendara diisi bermacam kemampuan aktif. Risiko terjadinya menyundul mobil depan diminimalisir oleh dua tentara. Pertama adalah Intelligent Forward Collision System, bertugas mendeteksi gerakan tiba-tiba dari kendaraan depan, lalu memberikan peringatan ketika membaca potensi risiko celaka. Jika pengemudi kurang atau bahkan tidak merespons sama sekali, Intelligent Emergency Braking langsung bangun. Secara otomatis sistem mengaplikasikan rem entah itu bantuan ringan hingga emergency braking bila dirasa perlu.

Kehebatan lainnya adalah cruise control aktif, terbilang baru dalam kelas crossover. Sistem meringankan beban berkendara sebab mampu mempertahankan laju konstan sekaligus selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terakhir, tersemat pula fitur warning hingga alat bantu manuver, meliputi Blind Spot Warning, kamera 360 derajat, Rear Cross Traffic Alert, dan Hill Start Assist.

Disayangkan Toyota tidak turut memboyong Toyota Safety Sense untuk Corolla Cross. Dengan begitu, seakan ia jauh lebih purba dibanding Kicks. Hiperbola memang sebab setidaknya bersembunyi safety features standar yang lumayan lengkap di kelasnya. Ambil contoh ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control, dan airbag tujuh titik. Lalu, untuk urusan bantuan manuver dipantau oleh reversing camera dan corner sensor.

Kesimpulan

Nissan Kicks vs Corolla Cross, corolla cross suguhkan impresi berkelas dan premium lewat fitur-fitur kenyamanan perjalanan. Lain cerita di Kicks, jauh di dalam pancaran image crossover sporty terpendam Kelengkapan Fungsional Lebih Komplit. Terutama di Garda Keselamatan Aktif. Juga soal komposisi hybrid, Nissan membuat sistem Toyota tampak biasa-biasa saja tanpa nilai spesial. Semua itu pun dibanderol lebih terjangkau.


Lain hal perbandingan Nissan Kicks e-Power dengan C-HR Hybrid yang akan saya terangkan dibawah ini dari berbagai sumber terpercaya.

1. Sistem hybrid e-Power Nissan Kicks dan Toyota C-HR HV

Nissan Kicks e-Power VS Toyota CH-R HV, Pilih Mana?

Teknologi hybrid e-Power pada Nissan Kicks terbaru ini tidak bekerja layaknya mobil hybrid pada umumnya.

Mesin bensin tiga silinder pada Nissan Kicks e-Power ini tidak berfungsi sebagai sumber tenaga langsung yang menggerakkan mobil. Melainkan, berperan seperti genset. Tenaga mesin bensin dialirkan sepenuhnya untuk baterai dan motor listrik. Teknologi ini membuat Nissan Kicks e-Power seperti mobil listrik.

Pada Toyota C-HR HV, mobil menggunakan dua motor penggerak, mesin bensin konvensional dan motor listrik. Perbedaan ini berimplikasi pada tenaga yang dihasilkan hingga efisiensi bahan bakar.

2. Tenaga yang dihasilkan

Nissan Kicks e-Power VS Toyota CH-R HV, Pilih Mana?

Tenaga yang dikeluarkan Nissan Kicks e-Power hanya berasal dari motor listrik
berkekuatan 127,2 hp dan torsi maksimum 260 Nm.

Dengan Toyota C-HR HV, mobilnya digerakkan mesin konvensional empat silinder bertenaga 100 ps dan motor listrik bertenaga 36 ps dan torsi maksimum 15,5 kgm.

3. Efisiensi bahan bakar

Nissan Kicks e-Power VS Toyota CH-R HV, Pilih Mana?

Keduanya sama-sama menyematkan teknologi self-charging untuk pengisian baterai mobil. Baik Nissan Kicks e-Power dan Toyota C-HR HV sama-sama tidak membutuhkan pengisian baterai secara eksternal.

Baterai mobil bisa ditenagai dengan dukungan dari mesin bensin dan isi ulang dengan regenerative braking. Nissan mengatakan teknologi e-Power membuat mobil lebih irit bahan bakar. Dari laman Nissan, Kicks e-Power memakan 4,6 liter per 100 km. Sementara untuk Toyota C-HR HV, Toyota mengatakan konsumsi bahan bakarnya adalah 5,3 liter per 100 km.

4. Harga bersaing

Nissan Kicks e-Power VS Toyota CH-R HV, Pilih Mana?

Tidak hanya bersaing dari segi teknologi dan performa, Toyota C-HR HV dan Nissan Kicks e-Power juga bersaing dari segi harga. Nissan Kicks e-Power hari ini menyandang predikat mobil hybrid paling murah.

Jadi masih ragu dengan Fitur-Fitur canggih yang ada di Nissan Kicks e-Power, yang tidak ada di pesaing nya seperti corolla cross dan toyota C-HR. Dan harga Nissan Kicks e-Power yang lebih murah dari 2 pesaing ini.

Test Drive sekarang dan Dapatkan promo menarik nya dari Nissan Soekarno Hatta Bandung, klik chat admin atau telepon langsung Sales Marketing untuk mendapatkan informasi seputar promo Nissan Kicks e-Power.

 

Sumber Nissan Kicks vs Corolla Cross dan Toyota C-HR :

  1. Otomotif.Kompas.com
  2. Oto.com
  3. Idntimes.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Beranda
Showroom
Telepon
Chat Sales